Standar Ukuran Postcard Lengkap dengan Keunggulan serta Kelemahannya

Anda yang gemar berkirim surat dengan kerabat atau sahabat pasti sudah tidak asing dengan postcard. Ya, postcard atau yang lebih dikenal dengan kartu pos adalah salah satu benda pos yang banyak dicari dan dikoleksi selain perangko. Ukuran postcard sendiri biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan perangko.

Postcard juga dibuat dengan desain dan gambar yang menarik. Tak jarang postcard bahkan dibuat khas dari suatu negara tempat dikeluarkannya postcard tersebut. Ada pula beberapa seri postcard yang diterbitkan terbatas.

ukuran postcard
Gambar berbagai macam postcard (kartu pos).

Ukuran Postcard Kecil, Keunggulan Sekaligus Kelemahannya

Postcard sendiri bisa didefinisikan sebagai selembar kertas dengan ukuran yang tebal maupun kertas yang terbuat dari karton tipis yang digunakan untuk berkirim kabar atau berita. Berbeda dengan kertas yang memiliki ukuran beragam, ukuran postcard cenderung lebih kecil. Karena itulah biasanya ketika mengirim postcard ini tidak perlu menggunakan amplop untuk membungkusnya.

Postcard dipilih karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Dengan menggunakan postcard, pengirim bisa menghemat kertas. Gambar atau desain postcard yang beragam juga bisa memberikan informasi lebih kepada penerima. Tak jarang postcard juga bisa digunakan sebagai media untuk promosi, baik promosi destinasi wisata atau promosi lainnya.

Ada keunggulan tentu ada kekurangan. Ukuran postcard yang kecil dengan gambar di bagian depannya tentu membatasi informasi pada berita yang akan dikirim melalui postcard. Hal tersebut tentu merugikan ketika berita yang ingin disampaikan tergolong panjang. Selain itu, tanpa adanya amplop yang membungkus, tentu isi dari postcard yang dikirimkan bisa dibaca oleh siapa saja.

Ukuran Postcard Standard

Sama seperti perangko yang digunakan untuk berkirim surat via pos, kartu pos atau postcard juga memiliki ukuran standard. Sudah dijelaskan sebelumnya jika ukuran postcard cenderung lebih kecil dari perangko namun juga tidak sebesar kertas yang digunakan untuk menulis surat pada umumnya.

Meskipun ukuran yang digunakan untuk membuat postcard bisa juga berbeda-beda tergantung penerbitnya, namun postcard pada umumnya sudah memiliki standard ukuran yang juga berlaku di seluruh dunia. Berikut ini adalah ukuran standard yang digunakan untuk membuat postcard.
Satuan Ukuran Postcard
Dalam inchi 4”x6”
Dalam centimeter 10,16 x 15,24 cm

Berdasarkan tabel di atas diketahui bahwa ukuran standar yang digunakan pada postcard adalah 4x6 inchi. Atau jika dikonversi ke dalam satuan sentimeter, satu buah postcard standard memiliki panjang sekitar 10.16 cm dan lebar 15.24 cm.

Dengan ukuran yang demikian, secara umum postcard atau kartu pos ini berbentuk persegi panjang sederhana dengan gambar di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang terdiri dari ruang kosong tempat menulis pesan beserta pengirim lengkap dengan alamat pengirimnya dan penerima juga lengkap dengan alamat penerimanya. Sama seperti ketika mengirim surat, ketika mengirim kartu pos juga harus dilengkapi dengan perangko di bagian atasnya serta cap pos.

Ukuran ini bisa berbeda tergantung penerbitnya. Meskipun demikian, perbedaannya pun tidak terlalu signifikan. Postcard biasanya dijual di kantor pos dengan gambar dan desain yang bervariasi. Variasi desain dan gambar inilah yang membuat banyak orang memilih menggunakan kartu pos.

Sayangnya, ukuran postcard atau kartu pos yang cenderung lebih kecil serta sifatnya yang terbuka karena tidak memerlukan amplop ketika mengirimnya, membuat isi dari berita yang akan dikirim bisa diketahui oleh siapapun. Demikian informasi singkat tentang kartu pos, ukuran standar yang digunakan serta keunggulan dan kelebihannya. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar