Ukuran Gawang Sepak Bola Standar FIFA | Tinggi dan Lebar (Panjang), Lengkap dengan Gambar

Gawang menjadi salah satu komponen penting dan harus ada dalam pertandingan sepakbola. Bentuknya memanjang dengan ukuran yang sudah ditentukan. Selain terdiri dari dua tiang yang berada di kiri dan kanan, terdapat pula mistar yang disangga oleh kedua tiang tersebut. Pada bagian belakang ditambahkan jaring untuk mengamankan bola agar posisinya tidak keluar arena.

Banyak yang kurang mengetahui tentang standar ukuran gawang sepak bola baik skala nasional maupun internasional. Padahal jika dibuat tanpa mengindahkan aturan dapat membahayakan pemain terutama kiper. Berikut ini akan dijelaskan mengenai ukuran gawang dan juga beberapa komponen yang harus diperhatikan.

Baca juga: Panjang Lapangan Bola Basket

gawang sepak bola
Gambar gawang sepak bola.

Mengetahui Ukuran Gawang Sepak Bola Sesuai Aturan FIFA

Sebagai federasi sepakbola internasional, FIFA telah menetapkan aturan panjang minimal dan maksimal lapangan beserta ukuran gawang sepak bola. Untuk membuat bagian penting dari laga sepakbola ini tidak begitu rumit asalkan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Tentu saja aturan tersebut dibuat dengan mempertimbangkan aspek permainan dan keselamatan pemainnya. Meskipun bentuknya terlihat sederhana yaitu persegi panjang dengan jaring di belakangnya, ada beberapa aturan yang mesti diikuti yaitu:
Bagian Gawang Ukuran Standar FIFA
Lebar Gawang (Panjang) 7,32 m
Tinggi Gawang 2,44 m
Kerenggangan Jaring 10 cm
Diameter Tiang Gawang 12 m

Ukuran tersebut sudah paten dan tidak bisa diubah-ubah karena sesuai dengan standar ukuran lapangan sepakbola yang juga sudah ditentukan. Material untuk membuat gawang harus yang kuat dan kokoh agar tidak bergeser saat pertandingan berlangsung.

Selain itu, bahannya juga cukup aman sesuai dengan anjuran FIFA. Dalam satu pertandingan, terdapat dua gawang yang dimiliki oleh masing-masing tim. Penentu kemenangan pada sebuah laga ditentukan oleh banyaknya gol yang berhasil dicetak.

Baca juga: Ukuran Lapangan Tenis

Komponen Penting Gawang Sepakbola yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui ukuran gawang sepak bola, info selanjutnya ada mengenal komponen yang ada pada bagian lapangan tersebut. Area ini dijaga oleh seorang kiper yang bertugas menjaga kandang agar tidak sampai kebobolan. Masing-masing tim berupaya keras agar dapat memasukkan bola kedalam gawang untuk mencetak skor sebanyak-banyaknya.

Komponen yang ada pada gawang terdiri dari dua tiang yang berada disisi kiri dan kanan dan keduanya dihubungkan oleh mistar yang dipasang diatasnya. Bahan ini harus kokoh sehingga tidak bergeser jika mengalami benturan.

Cara pemasangannya ada yang tiangnya ditanam pada tanah atau sekedar diletakkan saja. Agar bola tidak bisa keluar saat terjadi gol, maka dipasang jala-jala dengan kerapatan sebesar 10 cm. Komponen ini harus ada pada sebuah gawang agar aspek kenyamanan dan keselamatan terpenuhi.

Jarang ada pemain ataupun kiper yang mengalami cidera saat berbenturan dengan tiang gawang. Meskipun terbuat dari besi, namun material ini cukup aman karena tiang tersebut berbentuk elips yang tidak memiliki siku serta di cat dengan warna putih.

Baca juga: Ukuran Lapangan Volly

Selain itu, jaring juga harus dipastikan melekat erat dan tidak ada yang sobek. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko cidera pemain maupun kiper. Ukuran gawang sepak bola harus sesuai dengan standar internasional supaya tidak terjadi ketimpangan karena lebar ataupun tingginya berbeda.

Tujuan dari mengetahui ukuran gawang sepak bola sesuai dengan ketentuan FIFA adalah memudahkan bagi Anda yang ingin menjadi pemain bola. Latihan menggunakan gawang dalam ukuran sebenarnya bisa meningkatkan skill dalam bermain sehingga tidak perlu melakukan adaptasi jika suatu saat bertanding di tempat lain. Aturan ini sudah dipakai oleh semua stadion terbaik di dunia yang sering digunakan untuk tempat berlangsungnya laga internasional.
LihatTutupKomentar