Ukuran Kertas HVS yang Paling Sering Digunakan | Lengkap dengan Panjang, Lebar dan Tebal

Ada berbagai macam ukuran kertas HVS yang bisa digunakan sebagai media percetakan. HVS merupakan singkatan dari Houtvrij Schrijfpapier, yang artinya kertas tulis tanpa serat. Itulah mengapa kertas yang satu ini memiliki permukaan yang polos dan halus.

Biasanya, kertas HVS digunakan oleh berbagai kalangan, terutama dari para pelajar, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. Tak heran jika kertas yang satu ini sangat laris manis di pasaran, khususnya di Indonesia.

Macam-macam ukuran kertas HVS mulai dari jenis A4 sampai B5, berapa panjang dan lebarnya dalam cm?

Harga yang ditawarkan pun cukup beragam tergantung dengan kualitas kertas dan juga ukuran kertas yang akan dipakai. Selain itu, kertas ini dapat Anda beli dalam bentuk 1 Rim atau per 500 lembar. Kertas ini menjadi salah satu media utama dalam hal pencetakan, karena hasil cetak yang diberikan berkualitas sangat baik.

ukuran kertas HVS
Gambar ilustrasi kertas HVS jenis A4.

Berbagai Ukuran Kertas HVS yang Paling Banyak Digunakan

Ukuran-ukuran kertas tulis tanpa serat ini tersedia dalam beberapa macam. Jadi, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan cetak Anda. Hal ini karena ada beberapa tulisan yang harus dicetak dengan ukuran kertas tertentu, sehingga Anda harus mengetahui ukuran kertas seperti apakah yang cocok untuk mencetak tulisan tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh ukuran kertas HVS yang biasanya paling banyak digunakan.

Jenis HVS Ukuran
A5 14,85 cm x 21 cm
B5 18,2 cm x 25,7 cm
A4 21 cm x 29,7 cm
Q4 atau Kwarto 21,6 cm x 27,9 cm
F4 atau Folio 21,6 cm x 33 cm
A3 29,7 cm x 42 cm

Berdasarkan daftar tabel ukuran kertas di atas, dapat Anda lihat bahwa ukuran tersebut dihitung dalam bentuk sentimeter. Hal ini bukan tanpa sebab, justru agar lebih mempermudah dalam mencetak nantinya. Kemudian, jika dilihat lebih jauh lagi ukuran kertas tersebut lebih banyak menggunakan abjad yang diikuti dengan nomor.

Pada dasarnya, pengukuran tersebut dibuat sesingkat mungkin untuk memudahkan orang dalam mengingat ukuran kertas apa yang biasanya paling banyak digunakan. Jadi, tidak ada pengaruh antara huruf tersebut dengan ukuran kertas HVS.

Bagi Anda yang ingin mencetak dalam bentuk dokumen biasa, biasanya menggunakan ukuran kertas A4. Dimana ukuran kertas yang satu ini memang merupakan sebuah ukuran standar kertas untuk dokumen-dokumen biasa, seperti pencetakan makalah. Jadi, ukuran-ukuran tersebut dibuat mengikuti bentuk dokumen yang akan dicetak.

Beberapa Istilah Ketebalan kertas pada HVS

Selain ukuran kertas HVS, ketebalan kertas juga perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan kertas HVS memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan kertas tanpa serat ini memiliki 3 jenis, yaitu ketebalan 70 gsm, ketebalan 80 gsm, dan ketebalan 100 gsm.

Jika Anda ingin mem-print atau memotokopi dokumen biasa, maka Anda bisa menggunakan ketebalan kertas HVS 70 gsm. Akan tetapi, jika Anda ingin mencetak beberapa dokumen penting, seperti dokumen kantor atau dokumen untuk perkuliahan, maka Anda harus menggunakan ketebalan kertas HVS 80 gsm. Sedangkan ketebalan kertas HVS 100 gsm digunakan untuk kebutuhan presentasi, dimana harus memiliki gambar yang lebih detail dan kualitas kertas yang tinggi.

Daftar tabel ukuran diatas mungkin sudah diketahui oleh orang banyak. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang belum mengetahuinya dan menganggap semua ukuran kertas adalah sama. Yang perlu ditekankan kembali adalah bahwa ukuran dan ketebalan kertas HVS memiliki beberapa jenis dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Untuk itulah, penting bagi Anda dalam mengetahui ukuran kertas HVS sebelum mencetak dokumen penting Anda.

Tags: #ukuran kertas hvs #ukuran hvs #ukuran kertas hvs a4 #berapa ukuran kertas hvs #berapa ukuran kertas hvs
LihatTutupKomentar