Ukuran Lapangan Bola Voli (Volly) | Panjang, Lebar, Luas, Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya

Setiap permainan atau cabang olahraga pasti memiliki induk olahraga yang mengatur tentang aturan permainan dan segala hal yang berkaitan dengan permainan olahraga tersebut. Hal tersebut juga berlaku pada cabang olahraga voli. Dalam cabang olahraga voli juga diterapkan aturan permainan sendiri. Selain aturan permainan, standar lapangan yang digunakan untuk bermain juga sudah ditetapkan.

Lihat juga: Tinggi Net Bola Voli Putri

Induk organisasi dari cabang olahraga bola voli bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball) yang merupakan induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia berada di bawah naungan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Adanya induk organisasi ini bertujuan untuk mengatur regulasi-regulasi terkait permainan, termasuk ukuran lapangan bola voli.

lapangan bola voli
Gambar lapangan bola voli.

Syarat dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Sama seperti cabang dan permainan olahraga lain, dalam bola voli juga dibutuhkan sebuah lapangan yang akan menjadi arena untuk bertanding. Ada syarat utama yang harus dipenuhi dalam permainan bola voli. Syarat utama itu adalah permukaan dari lapangannya. Lapangan voli harus memiliki permukaan yang datar dan rata. Begitu pun dengan ukurannya. Ukuran lapangan bola voli juga sudah ditetapkan oleh induk organisasi bola voli internasional.

Secara umum ukuran lapangan bola voli yang sesuai dengan standar baik nasional maupun internasional adalah 18x9 (panjang 18 m dan lebar 9 meter). Ukuran ini sudah diakui dan diterapkan untuk pertandingan baik berskala nasional maupun internasional. Ukuran lapangan ini juga diterapkan baik untuk lapangan yang berjenis indoor ataupun lapangan outdoor.

Selain ukuran lapangan bola voli, syarat lain yang harus dipenuhi dalam permainan ini adalah net dan ukuran bola voli itu sendiri. Khusus utuk net, ini juga memiliki standar yang bersifat nasional dan internasional. Mulai dari tinggi net bola voli (baik tinggi net untuk pemain perempuan maupun laki-laki) lebar dan panjang net, hingga ukuran mata jala net dan jarak antar tiang net. Semuanya sudah diatur dalam syarat dan standar permainan bola voli.

Rincian Ukuran Lapangan Bola Voli

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ukuran lapangan bola voli sudah ditetapkan sesuai standar, yakni berukuran panjang lapangan 18 meter dan lebar lapangan 9 meter (18x9). Ukuran ini tentu masih dibagi ke dalam rincian-rincian lain di seputar lapangan yang nantinya akan menentukan permainan bola voli, seperti pada tabel di bawah ini.

Lihat juga: Tinggi Net Badminton

Bagian Pada Lapangan Ukuran Standar
Panjang 18 meter
Lebar 9 meter
Luas 162 meter persegi
Area Serang 3 meter
Area Servis 3 meter

Selain panjang, lebar, dan luas lapangan, ukuran lapangan yang juga menjadi ketentuan adalah lebar garis serang. Garis serang sendiri adalah area yang paling dekat dengan net. Di daerah serang ini, aturan yang berlaku adalah lebarnya. Lebar garis serang jika ditarik dari garis net adalah 3 meter.

Selain garis serang, area di dalam lapangan bola voli yang juga diatur dalam standar lapangan bola voli adalah garis lapangan dan area servis. Untuk ukuran garis lapangan memiliki standar lebar 5 centimeter. Sedangkan untuk area servis juga sudah diatur selebar 3 meter.

Itulah tadi rincian standar yang digunakan dalam membuat lapangan bola voli. Lapangan sebagai arena bertanding bagi pemain bola voli  menjadi aspek yang tidak bisa diabaikan.

Pada dasarnya semua aspek dalam permainan atau cabang olahraga yang dipertandingkan pasti dipertimbangkan dengan baik. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar pertandingan bisa berjalan dengan baik dan juga bisa menjadi penentu pemenang dari setiap pertandingan. Begitu juga dengan lapangan bola voli.

Ukuran lapangan bola voli ini nantinya juga menjadi dasar dalam aturan bermain bola voli. Karena itu ukuran untuk lapangan bola voli juga sudah ditetapkan standarnya.
LihatTutupKomentar