Ukuran Lapangan Bulu Tangkis (Badminton) | Panjang, Lebar, Luas, Lengkap Beserta Gambar dan Keterangannya

Bulu Tangkis (badminton) yang merupakan jenis permainan menggunakan raket dan kok ini memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Olahraga yang sering menyumbangkan emas di ajang bergengsi ini sangat mudah dimainkan. Bentuk lapangannya adalah persegi panjang yang dibagi menjadi dua bagian dan dipisahkan oleh net. Ada garis dalam dan luar yang menentukan poin yang akan diperoleh pemain. Ukuran lapangan bulu tangkis pun sangat spesifik dan tidak bisa sembarangan karena harus mematuhi aturan yang dikeluarkan BWF sebagai induk organisasi internasional. Berikut ini akan dijelaskan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis (badminton) secara terperinci berdasarkan pada standar internasional.

Baca juga: Ukuran Bola Basket

lapangan bulu tangkis
Gambar lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis BWF

Bulu tangkis secara umum terbagi menjadi 2 partai yaitu ganda dan tunggal. Pertandingan tunggal dibagi lagi menjadi dua yaitu tunggal putra dan putri. Sementara ganda dibedakan menjadi ganda putra, ganda putri, dan campuran. Tentu saja ada perbedaan antara kedua partai tersebut baik dari strategi bermain dan juga lebar lapangan.

Pemain atau pasangan ganda harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya hingga mencapai 21 angka jika pertandingan berjalan normal. Pemain atau tim yang berhasil mendapatkan angka tersebut terlebih dahulu dinyatakan menang. Badminton maksimal dimainkan dalam 3 babak. Adapun ukuran lapangan bulu tangkis sesuai dengan standar BWF adalah:

Bagian lapangan Ukuran standar BWF
Panjang Lapangan 13,4 m
Lebar Lapangan 6,1 m
Jarak Servis Depan dengan Net 1,98 m
Jarak Servis Tengah dengan Garis Samping 3,05
Jarak Servis Belakang dengan Garis Belakang 0,76 m
Jarak Garis Samping dengan Garis Pinggir Lapangan 0,46 m

Meskipun bentuk dari lapangan badminton terlihat sederhana, ternyata banyak aturan yang harus diikuti. Pemain yang tidak terbiasa berlatih di lapangan yang sesuai standar akan kesulitan dalam beradaptasi. Karena poin yang didapatkan dalam permainan ini salah satunya ditentukan oleh garis yang ada di lapangan. Jatuhnya kok baik di dalam maupun luar lapangan bisa memberikan poin tambahan untuk pemain.

Baca juga mengenai: Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis untuk Pemain Tunggal

Seperti yang sudah diketahui bahwa badminton dibagi menjadi partai tunggal dan juga ganda. Selain jumlah pemainnya yang berbeda, ukuran lapangan bulu tangkis sedikit tidak sama dengan partai ganda terutama pada lebar lapangan dan area servis. Tentu saja ini disesuaikan dengan pemain yang berlaga dimana jangkauannya tidak sebesar pemain ganda. Adapun aturan yang ditetapkan adalah:

Bagian lapangan partai tunggal Ukuran standar BWF
Panjang Lapangan 13,4 m
Lebar Lapangan 5,18 m
Panjang Area Penerima Servis 4,72 m
Lebar  Area Penerima Servis 2,59 m

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis untuk Pemain Ganda

Lain halnya dengan pertandingan tunggal, partai ganda memiliki ukuran lapangan bulu tangkis yang juga berbeda. BWF mengeluarkan aturan ini sebagai panduan dalam membuat lapangan pertandingan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Jumlah pemain yang lebih banyak juga mempengaruhi ukuran lapangan permainan badminton partai ganda ini.

Baca juga: Ukuran Meja Pingpong

Bagian lapangan partai ganda Ukuran standar BWF
Panjang Lapangan 13,4 m
Lebar Lapangan 6,1 m
Panjang Area Penerima Servis 3,96 m
Lebar  Area Penerima Servis 3,05 m

Itulah beberapa info seputar ukuran lapangan bulu tangkis sesuai aturan internasional yang sudah disebutkan diatas, semoga bisa memberikan tambahan ilmu terutama bagi yang suka bermain badminton. Selain lapangannya, sebaiknya perlu Anda ketahui juga ukuran net bulu tangkis agar pengetahuan tentang olahraga ini menjadi lebih lengkap.

Banyaknya turnamen baik skala nasional maupun internasional yang digelar, memicu semangat anak muda Indonesia untuk menjadi pemain bulu tangkis yang handal. Ini tentunya menjadi keuntungan bagi negeri ini untuk menemukan bibit emas yang bisa meneruskan atau bahkan meningkatkan prestasi yang sudah diraih saat ini.
LihatTutupKomentar