Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional maupun Internasional

Berbicara tentang jenis olahraga pasti tidak akan ada habisnya. Ada beragam jenis olahraga yang bisa ditemukan di dunia dengan aturan main yang berbeda-beda pula. Satu jenis olahraga yang unik dan menarik adalah sepak takraw. Berbeda dengan olahraga lain, olahraga ini memakai bola yang terbuat dari bahan rotan. Cara bermainnya pun cukup unik karena memadukan teknik bermain layaknya bola voli dan sepak bola secara bersamaan. Sedangkan untuk ukuran lapangan takraw sendiri juga hampir mirip dengan ukuran lapangan voli atau bulu tangkis.

Lihat juga: Tinggi Net Bola Voli

lapangan sepak takraw
Gambar lapangan takraw.

Jenis dan Ukuran Lapangan Takraw

Sepak takraw bukanlah jenis olahraga baru di dunia. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya induk organisasi olahraga ini. Karena itu olahraga ini sudah pasti memiliki aturan baku, baik dalam hal permainan maupun area bermain dan aspek pendukung lainnya. Sudah dijelaskan sebelumnya jika bentuk dan ukuran lapangan takraw memiliki kesamaan dengan lapangan voli atau bulu tangkis. Namun tentu saja keduanya berbeda dengan lapangan takraw.

Bentuk lapangan takraw sendiri dibagi menjadi dua jenis lapangan berdasarkan kategori permainannya. Untuk kategori tim, regu dan double event lapangan yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan panjang tertentu. Sedangkan untuk kategori hoop, lapangan yang digunakan berbentuk lingkaran dengan ukuran berbeda. Namun yang lebih umum digunakan adalah lapangan yang berbentuk persegi panjang.

Lihat juga: Tinggi Net Bulu Tangkis

Daftar Ukuran Lapangan Sepak Takraw Berstandar Nasional dan Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam pembuatan lapangan sepak takraw juga memiliki standar tertentu. Meskipun ada dua jenis lapangan dalam olahraga ini, namun jenis lapangan yang paling sering digunakan adalah lapangan yang berbentuk persegi panjang. Nah untuk itu berikut adalah tabel ukuran lapangan takraw dengan standar nasional dan internasional.
Bagian Lapangan Ukuran
Panjang Lapangan Takraw 13,4 meter
Lebar Lapangan Takraw 6,1 meter
Luas Lapangan Takraw 81,74 meter persegi
Diameter Lingkaran servis 0,3 meter
Garis Luar Lapangan (area bebas penonton) 2 meter
Lebar Garis 4 cm
Tinggi Net 1,55 meter (laki-laki) dan 1,45 meter (perempuan)
Panjang Net 6,10 m
Lebar Net 70 cm
Lubang Net 6-8 cm

Berdasarkan tabel di atas dapat dijelaskan secara rinci tentang ukuran lapangan takraw. Lapangan yang digunakan untuk permainan sepak takraw ini memiliki panjang 13.4 meter dan lebarnya 6.1 meter dengan diameter lingkaran yang mana digunakan sebagi area servis pemain adalah 0.3 meter. Lapangan ini juga memiliki area yang bebas dari jangkauan audience atau penonton yang juga menjadi garis luar lapangan dengan ukuran 2 meter.

Lihat juga: Luas Lapangan Voli

Selain ukuran lapangan, yang juga harus diketahui adalah net yang merupakan pembatas antara wilayah permainan antar regu. Net pada permainan takraw dibuat berbeda sesuai dengan kategori pemainnya. Untuk pemain laki-laki, net ini memiliki tinggi 1.55 meter dari permukaan tanah dan untuk perempuan memiliki tinggi sekitar 1.45 meter. Sedangkan netnya sendiri memiliki ukuran panjang 6.10 meter dan lebar 70 cm dengan lubang pada net berukuran 6-8 cm. Sedangkan tiang ini sendiri dipasang pada jarak 30 cm di luar garis lapangan.

Sepak takraw termasuk dalam salah satu jenis olahraga yang populer baik di Indonesia maupun mancanegara. Sebagai jenis olahraga yang sudah diakui, sepak takraw tentu sudah memiliki standar sendiri baik dalam hal aturan bermain maupun area bermain. Seperti yang sudah dijelaskan, di atas merupakan standar ukuran lapangan takraw yang umumnya digunakan dalam pertandingan sepak takraw. Tidak hanya ukuran lapangan saja, bahkan net yang digunakan dan bola yang digunakan dalam permainan ini juga diatur dan memiliki standarnya sendiri.
LihatTutupKomentar