Ukuran Banner Berdasarkan Jenis-Jenisnya (Mini, Roll dan X-Banner)

Media promosi atau pemasaran memang sangat beragam. Sebelum adanya media internet, media promosi cetak adalah salah satu media yang paling banyak digunakan untuk promosi. Salah satu jenisnya adalah banner.

Lihat juga: Ukuran Kertas HVS

Tidak seperti media iklan cetak lain yang dicetak di atas kertas, banner dicetak pada media berbeda agar bisa bertahan lama. Hal ini karena banner biasanya dipasang diluar maupun di dalam ruangan. Untuk soal ukuran, ukuran banner yang umumnya dipakai pun beragam tergantung jenis bannernya.

Jenis-Jenis Banner

Seperti yang sudah disampaikan di atas, banner terdiri dari berbagai jenis. Ada jenis mini banner, X-banner dan roll banner. Masing-masing jenis itu memiliki karakteristik dengan ukuran banner yang berbeda-beda pula. Seperti misalnya mini banner yang memiliki ukuran paling kecil diantara semua jenis banner yang ada. Karena ukurannya yang kecil, tak jarang banner jenis ini juga memiliki fungsi ganda sebagai kalender meja.

Jenis kedua adalah banner yang bernama X-banner. Untuk jenis ini, ukurannya lebih besar dibandingkan mini banner. Ciri utama dari jenis banner ini adalah adanya tiang penyangga berbentuk X di bagian belakang banner. Jenis banner ini biasanya ditempatkan di dalam ruangan di bagian depan sebagai bentuk promosi.

Lihat juga: Ukuran Lapangan Badminton

Jenis terakhir adalah roll banner. Jenis ini merupakan banner dengan ukuran paling besar. Diantara jenis banner lainnya, banner ini tergolong yang paling mudah dibawa karena bisa digulung atau dilipat. Ukuran banner jenis ini pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Ukuran Banner
Ilustrasi Banner, sumber: Desaignbundles.

Ukuran Banner dalam Cm

Jenis-jenis banner di atas adalah beberapa jenis banner yang umum digunakan. Sesuai dengan ukuran dan karakternya, banner secara umum dibedakan menjadi jenis X-banner, mini banner dan roll banner. Nah, berikut ini adalah ukuran banner berdasarkan jenis-jenis tersebut.
Jenis Banner Ukuran
Mini Banner 25 x 40 cm ; 26 x 38 cm ; 30 x 42 cm
X-Banner 60 x 120 cm ; 60 x 160 cm ; 80 x 180 cm
Roll Banner 60 x 160 cm ; 80 x 200 cm ; 85 x 200 cm

Berdasarkan tabel di atas, dapat dijelaskan bahwa selain jenisnya yang beragam, masing-masing jenis itu juga dibuat dengan ukuran yang beragam pula. Seperti misalnya untuk mini banner memiliki panjang minimal 25 cm dengan lebar maksimal 42 cm. Ukurannya bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Ada juga roll banner yang memiliki ukuran sama dengan x-banner. Meskipun dibuat dengan ukuran berbeda, keduanya akan berbeda ketika sudah dipasang. Jika dipasang dengan menggunakan tiang penyangga, maka akan menjadi X-banner. Selain itu, untuk pembuatan X-banner sendiri biasanya didesain potrait atau memanjang, berbeda dengan jenis banner lain yang didesain landscape.

Lihat juga: Ukuran Foto 4x6

Selain digunakan sebagai media promosi, banner biasanya juga dibuat sebagai media informasi suatu kegiatan atau event. Fungsinya yang beragam kemudian akan mempengaruhi jenis-jenis banner. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada berbagai macam jenis banner yang umum digunakan yaitu X-banner, mini banner dan roll banner. Ukuran masing-masing jenisnya pun akan berbeda tergantung kebutuhan.

Ukuran banner yang sudah disebutkan di atas hanya berdasarkan standar ukuran yang digunakan pada 3 jenis banner. Jika Anda hendak membuat banner dengan ukuran tertentu sesuai kebutuhan juga bisa. Biasanya, untuk jenis banner yang bisa dibuat dengan ukuran paling besar adalah jenis roll banner. Hal tersebut karena jenis banner ini lebih fleksibel dan lebih umum digunakan untuk berbagai tujuan.
LihatTutupKomentar