Ukuran Kertas Legal yang Sesuai Standar

Mengetahui teknik dasar dalam percetakan sangatlah penting agar hasilnya maksimal dan dapat menghemat kertas. Secara umum jenis kertas dibedakan menjadi beberapa tipe yang sudah Anda kenal di pasaran seperti A4, Folio, Legal, dan lain-lain. Satu sama lain memiliki ukuran yang berbeda baik dari segi panjang maupun lebarnya.

Lihat juga: Ukuran Celana Pria

Beberapa orang ada yang salah kaprah dengan menyamakan ukuran kertas legal dengan folio, padahal selisihnya cukup jauh. Jika Anda membuat dokumen pada ukuran legal dan dicetak di bidang folio, maka akan ada bagian yang terpotong dan itu pastinya akan sangat merugikan karena harus dilakukan editing terlebih dahulu.

ukuran kertas legal
Contoh ukuran standard kertas legal dalam MS.Office.

Ukuran Kertas Legal dalam Berbagai Satuan

Hanya ada satu ukuran kertas legal yang sudah pasti secara internasional, jadi tidak ada tipe lainnya. Mengetahui info mengenai panjang dan lebar kertas ini akan menghindarkan Anda dari kejadian salah cetak.

Meskipun saat ini sudah jarang yang melakukan print out dokumen, namun untuk beberapa keperluan hard copy sangat dibutuhkan untuk arsip. Adapun ukuran dari kertas legal dalam berbagai satuan adalah sebagai berikut:

Jenis Satuan Ukuran kertas legal
CM 21,59 x 35,6 cm
MM 215,9 x 356 mm
INCH 8,5 x 14

Jenis kertas legal sangat jarang ditemui di pasaran, terutama jika Anda membelinya dalam skala per rim. Sementara bila Anda melakukan print out di percetakan, pilihan medianya lebih lengkap hanya saja kurang efisien karena tidak bisa dikerjakan sendiri. Solusi terbaik adalah dengan mengkonversi dokumen yang sudah dibuat kedalam ukuran kertas yang sudah Anda miliki. Dengan begitu Anda dapat melakukan pencetakan menggunakan printer sendiri tanpa perlu repot keluar kantor.

Lihat juga: Ukuran Amplop

Ukuran Kertas Legal vs Folio

Jika diperhatikan ukuran kertas legal dan folio hampir menyerupai yang membedakan adalah panjangnya saja. Folio berukuran 8,5 x 13 inch sementara legal 8,5 x 14 inch. Jadi jika Anda ingin mencetak pada media kertas tersebut harus memperhatikan luas bidang yang dimiliki apakah sesuai atau tidak. Karena jika kertasnya lebih kecil, akan ada bagian yang tidak tercetak. Editing tidak hanya dilakukan pada MS Word saja, Anda juga harus melakukan pemilihan pada mesin cetaknya.

Di program MS Word, kertas Legal bisa langsung dipilih dengan masuk ke menu layout lalu klik paper size. Ada banyak tipe kertas yang ada disana, pilih Legal. Dokumen yang Anda buat berada di bidang dengan ukuran 8,5 x 14 inch. Jadi jika ingin dicetak, gunakan kertas yang sama ukurannya. Kalaupun tidak ada, Anda harus melakukan perubahan dan pengaturan yang telah dibuat tadi agar print out yang dihasilkan sesuai dengan lay out yang sudah dibuat.

Perlunya Mengetahui Ukuran Kertas Legal

Mengetahui ukuran kertas legal akan memudahkan Anda saat membeli bahan tersebut di toko karena stoknya sangat langka. Selain itu untuk Anda yang bekerja di kantoran akan memudahkan dalam membuat dokumen sebab sudah mengetahui ukurannya dengan benar sehingga tidak akan mengalami kejadian seperti salah cetak dan sebagainya. Perhatikan juga gramasinya untuk mendapatkan kertas yang ketebalannya sesuai dengan kebutuhan.

Lihat juga: Ukuran Lapangan Takraw

Mengetahui ukuran kertas legal dapat memberikan ilmu tambahan seputar dunia percetakan. Sebaiknya penggunaan kertas mulai dikurangi saat ini agar bisa menjaga kelestarian lingkungan. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan soft copy lebih disukai karena lebih ringkas, mudah diakses, dan dapat dibawa kemana-mana. Daur ulang juga diperlukan untuk mengurangi jumlah sampah kertas yang jumlahnya semakin lama kian bertambah.
LihatTutupKomentar