Ukuran KTP Sesuai Standar Indonesia maupun International

Data di KTP elektronik ini langsung terhubung di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jadi dalam perekaman e-KTP datanya langsung terhubung di Dukcapil. Dengan menggunakan e-KTP maka akan memudahkan dalam pendataan penduduk di Indonesia, selain itu juga akan mencegah adanya pemalsuan KTP.

Lihat juga: Ukuran Foto 4x6

Berapa Standar Ukuran KTP Indonesia?

KTP atau kartu tanda penduduk merupakan kartu tanda bukti pengenal bagi warga Negara Indonesia yang telah berusia diatas 17 tahun. KTP selalu menjadi persyaratan dalam pengurusan berbagai dokumen seperti SIM, perbankan, pembuatan paspor, pembuatan BPJS kesehatan dan lain sebagainya. Untuk itulah kepemilikan KTP sangat penting bagi semua orang.

Setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu KTP dengan masa berlaku seumur hidup. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, KTP yang berlaku di Indonesia adalah elektronik KTP. KTP elektronik merupakan KTP yang berlaku secara nasional dan sudah memenuhi syarat ketentuan yang diatur dalam UU No. 23 tahun 2006 dan Pepres No. 26 tahun 2009 dan Perpres No. 35 tahun 2010.

Ukuran KTP juga sudah memiliki standar sendiri, sehingga ukurannya sama pada setiap warga Indonesia. Ukuran KTP di Indonesia sudah menggunakan standar ISO 7810 (ID-1) dengan panjang x lebar = 85.60mm x 53.98mm. Jika menggunakan ukuran cm maka konversi ukurannya adalah 8.56cm x 5.398cm.

Ukuran KTP
Ilustrasi KTP Indonesia.

Ukuran KTP (Kartu Tanda Penduduk) Menurut ISO

Di negara-negara maju, kartu identitas elektronik sudah lama digunakan. Misalnya saja Negara-negara di Eropa seperti Italia, Spanyol, Austria, Finlandia, Serbia, Estonia, Belgia, dan Negara lainnya. Sedangkan untuk di Asia sendiri juga sudah diterapkan KTP elektronik seperti di China dan India.

Kartu Tanda Penduduk memiliki ukuran yang sudah terstandarisasi. Begitu juga dengan kartu tanda pengenal lainnya, seperti kartu ATM, kartu SIM, ID Card organisasi, dan masih banyak lagi. Ukuran kartu tanda pengenal sudah di atur dalam ISO (International Standard Organization) 7810. Didalam dokumen ISO tersebut ada empat jenis ukuran ID Card.

Lihat juga: Ukuran Kertas HVS

Jenis ID Ukuran (dalam mm) Kegunaan
ID-1 85.60mm x 53.98mm Kartu debit ATM, kartu kredit, KTP, dan lain-lain
ID-2 105mm x 74mm Kartu tanda penduduk Perancis dan Jerman
ID-3 125mm x 88mm Untuk Paspor dan Visa
ID-4 25mm x 15mm Kartu SIM Ponsel

Itulah standar ukuran kartu tanda pengenal yang diatur oleh ISO. Jadi sebenarnya kartu tanda pengenal yang selama ini kita gunakan ternyata memiliki standar tersendiri dalam pembuatannya. Dari tabel tersebut dapat diketahui bahwa ukuran KTP yang berlaku menurut ISO adalah 85,60mm x 53.98mm.

Bukan hanya KTP yang memiliki ukuran standar, tapi juga ketika kita membuat kartu nama. Bahkan di dunia ini sebenarnya terdapat 8 standar ukuran kartu yang bisa dijadikan pedoman. Itulah sebabnya mengapa standar ukuran kartu tidak boleh asal-asalan, karena memang harus sesuai dengan ukuran internasional yang telah disepakati.

Ukuran KTP seperti sekarang yang kita punya pada dasarnya bertujuan memudahkan kita dalam menyimpan KTP tersebut didalam dompet. Biasanya para pengrajin dompet akan menggunakan ukuran KTP untuk membuat tempat atau slot kartu di dalam dompet. Bayangkan jika KTP yang kita miliki ukurannya sebesar paspor, tentu tidak akan efisien untuk dibawa kemana-mana, karena tidak muat disimpan di dalam dompet.
LihatTutupKomentar