Ukuran Kartu Nama Standar yang Sering Digunakan di Beberapa Negara

Saat Anda ingin membuat kartu nama yang akan digunakan untuk keperluan bisnis, maka yang harus Anda pikirkan adalah ukuran kartu nama yang ingin Anda gunakan. Hal ini karena untuk pembuatan kartu nama, ada standar khusus yang diterapkan.

Lihat juga: Ukuran Foto 4x6

Standar itu pun berbeda pada masing-masing negara. Tidak hanya ukurannya, desain dan bahan yang digunakan juga harus menjadi pertimbangan ketika Anda ingin membuat kartu nama. Namun tentu saja, yang paling utama adalah ukurannya.

Standar Ukuran Kartu Nama

Untuk membuat kartu nama, ada bahan favorit yang biasanya banyak dipilih. Ada jenis Art Paper yang memiliki ketebalan sekitar 260 gsm. Kertas ini memiliki ciri khusus permukaan yang mengkilat dan licin serta sifatnya yang tidak bisa ditulisi dengan pulpen. Ada juga kertas berukuran 250 gsm yang lebih tipis.

Berbeda dengan jenis sebelumnya, kertas berukuran 250 gsm ini sifatnya tidak licin dan mengkilat sehingga lebih mudah ditulisi dengan pulpen. Nah, setelah mengetahui jenis bahan yang digunakan, Anda juga harus tahu ukuran kartu nama standar yang sering digunakan untuk membuat kartu nama.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk ukuran katu nama, setiap negara memiliki standarnya masing-masing. Bahkan meskipun masih dalam satu wilayah benua saja, standar ukuran untuk kartu nama ini juga sudah berbeda.

Lihat juga: Ukuran Lapangan Badminton

Namun meskipun demikian, ada juga yang menyebutkan jika kartu nama juga sudah memiliki standar berdasarkan ISO. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut ini adalah ukuran untuk kartu nama pada beberapa negara di dunia.

Tabel Standar Ukuran Kartu Nama di Dunia

Ukuran Negara
90 x 54 mm Hongkong, China, Malaysia, Singapura
85 x 55 mm Negara-negara di Eropa
90 x 55 mm Indonesia, Australia, Taiwan, India, Colombia, New Zealand, Denmark dll.
91 x 55 mm Jepang
89 x 51 mm Belanda, Kanada, USA
90 x 50 mm Republik Ceko, Hungaria
85 x 55 mm Spanyol, Italia, Inggris, Perancis

Tabel di atas adalah daftar standar ukuran yang digunakan dalam pembuatan kartu nama. Dari tabel tersebut bisa dilihat jika masing-masing negara memiliki standar ukuran yang berbeda. Walaupun hanya selisih 1 mm saja, sudah pasti ada perbedaan pada masing-masing negara tersebut.

Lihat juga: Ukuran Kertas HVS

Untuk standar yang ditetapkan ISO sendiri adalah berukuran A8. Sedangkan di Indonesia, ukuran yang umumnya digunakan adalah 90 x 55 mm sama seperti ukuran yang digunakan di negara seperti Australia, Swedia, New Zealand dan beberapa negara lainnya.

Kartu nama adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang yang bekerja dalam dunia bisnis. Kartu nama ini berfungsi sebagai tanda pengenal yang sekaligus mencantumkan informasi pemiliknya seperti kontak ataupun perusahaan tempatnya bekerja.

Untuk membuat kartu nama sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya. Namun, yang harus diperhatikan adalah ukuran kartu nama yang akan dibuat. Beberapa ukuran di atas mungkin bisa menjadi referensi lebih bagi Anda yang ingin membuat kartu nama.
LihatTutupKomentar