Penjelasan Ukuran Ban Motor dan Kode Spesifikasinya (ZR,M/C,TWI)

Berapa ukuran ban motor? - Ban merupakan salah satu komponen motor yang sangat penting. ya, sangat penting karena tanpa ban maka motor Anda tidak bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Ban motor sering bersentuhan dengan jalan sehingga perlu diganti dalam beberapa periode sekali.

Pemilik motor perlu tahu tentang ukuran ban motor miliknya supaya bisa mengganti dengan yang sesuai dan tidak salah ukuran. Menggunakan ban motor dengan ukuran yang tidak sesuai dapat membahayakan pengendara.

Lihat juga: Ukuran Mobil Avanza

ukuran ban motor

Standar Ukuran Ban Motor

Ukuran ban motor terdiri atas 2 jenis, yaitu metric dan inchi. Perbedaan jenis ukuran ini hanya pada satuan yang digunakan dalam menentukan dimensi ban motor.

Biasanya ban motor dengan ukuran metric tercantum angka 80/90-17, sedangkan ban motor dengan ukuran inchi tercantum angka 2,75-17. Setiap angka dalam ukuran tersebut memiliki arti yang harus diketahui oleh pemilik motor.

Ukuran Metrik:
80 Lebar ban motor dalam satuan mm
90 Persentase tinggi dan lebar ban motor
17 Diameter velg ban motor dalam satuan inchi

Ukuran Inchi:
2,75 Lebar ban motor dalam satuan inchi
17 Diameter velg ban motor dalam satuan inchi

Pada jenis ukuran metric, angka 80 menunjukkan bahwa lebar ban motor sebesar 80 mm. Tinggi ban motor dihitung dari 90% dari lebar motor, yaitu 80 mm. Dari perhitungan tersebut diperoleh tinggi ban motor adalah 72 mm. Tinggi ban motor dihitung dari permukaan ban yang menyentuh tanah sampai bagian yang mengenai velg.

Sedangkan diameter velg ban motor sebesar 17 inchi. Pada jenis ukuran inchi, dapat diketahui bahwa lebar ban motor sebesar 2,75 inchi dan diameter velg ban motor sebesar 17 inchi. Jenis ukuran inchi tidak mencantumkan tinggi ban motor.

Lihat juga: Ukuran Garasi Mobil

Kode Spesifikasi pada Ban Motor

Selain ukuran ban motor, tercantum kode lain pada ban motor. Kode ini menunjukkan spesifikasi ban motor tersebut. Sebagai contoh, kode ban motor yang tercantum adalah 80/90 ZR 17 M/C (73 W). ZR menunjukkan kode konstruksi ban motor tersebut yang terdiri atas bias dan radial.

Kode M/C menunjukkan penggunaan ban untuk kendaraan apa. Kode 73 dan kode W berturut-turut berarti sebagai load index dan speed index. Load index menunjukkan beban maksimum yang dapat ditempa oleh motor, sedangkan speed index merupakan kecepatan maksimum yang dapat digunakan oleh motor tersebut.

Kode lain yang terdapat pada ban motor adalah TWI. TWI merupakan batas penggunaan ban motor secara optimum. TWI ditunjukkan dengan tanda pada sela pola ban motor. Apabila keausan ban motor sudah mencapai tanda ini, maka ban harus diganti.

Apabila ingin mengganti ukuran ban motor, lebih baik tanyakan kepada pihak servis. Ukuran yang telah disediakan oleh pabrik motor sudah menyesuaikan dengan spesifikasi motor lainnya. Perubahan ukuran dikhawatirkan dapat mengurangi fungsi motor tersebut sehingga tidak dapat digunakan secara maksimal.
LihatTutupKomentar