Variasi Ukuran Besi Hollow yang Umum Digunakan

Berapa ukuran besi hollow? - Besi hollow adalah salah satu bahan yang dipakai di proyek pembangunan suatu gedung. Banyak orang menyukai besi yang satu ini karena keunggulan yang dimilikinya. Salah satu sifat utamanya adalah tidak gampang terbakar.

Lihat juga tentang: ukuran tiang badminton

Dengan sifat tersebut maka akan lebih aman saat dipakai. Keunggulan lainnya adalah ukuran besi hollow yang bervariasi. Untuk informasi lebih lengkapnya akan diulas sebagai berikut.

Penjelasan Ukuran Besi Hollow

Besi hollow sebenarnya adalah besi yang bentuknya pipa kotak. Bahan untuk membuatnya adalah campuran alumunium serta berbagai material lain. Bahan tersebut biasanya dipakai untuk membangun bangunan yang bebannya tidak terlalu berat. Sebagai contohnya adalah pembuatan plafon, kanopi. pagar rumah, teralis, maupun rangka dinding partisi.

Besi hollow dilarang dipakai di pembuatan bangunan berat. Hal itu disebabkan karena struktur bahan tersebut yang kurang mendukung. Struktur besi tersebut terbilang tidak terlalu solid. Maka dari itu, dikhawatirkan beban tidak dapat ditahan dengan baik. Kendati seperti itu keunggulannya yang tahan api membuat besi tersebut tetap menjadi yang unggul dibanding besi lainnya.

Lihat juga tentang: ukuran celana jeans berdasarkan lingkar pinggang

Sementara itu ragam ukuran besi hollow juga semakin membuat banyak orang mau memilih besi ini menjadi pilihannya. Berikut adalah ukuran-ukurannya:
Ukuran Tebal (mm)
16 x 36 0.7, 0.8, 0.9, 1.2
20 x 20 0.6, 0.7, 0.8, 0.9, 1.0, 1.2
30 x 30 0.7, 0.8, 0.9, 1.0, 1.1, 1.2
36 x 36 0.8, 1.2
40 x 60 1.2, 1.4
45 x 75 1.7
50 x 100 1.3, 1.7
50 x 60 1.2

Sebagai catatan tambahan, untuk besi hollow dengan tebal 1.2 mm, ukurannya setara dengan tebal 1.6 mm. Sementara itu untuk besi tebal 1.0 mm ukurannya setara dengan tebal 1.4 mm. Dan untuk tebal 0.8 mm ukurannya sama dengan 1.2 mm di pasaran.

Ukuran Besi Hollow Tidak Baik Digunakan di Beberapa Hal

Dengan sejumlah ukuran besi hollow tersebut memang bisa dipakai di banyak hal. Akan tetapi besi tersebut tidak dianjurkan dipakai untuk menahan beban berat karena ukuran bahannya yang terbatas.

Dengan ukuran yang terbatas tersebut bisa dibilang tidak dapat dipakai di bentang atap yang luas. Jika dilakukan penyambungan dengan menggunakan teknik las maka titik-titik sambungan bisa lemah.

Lihat juga tentang: ukuran foto 3 x 4

Selain itu, sifat alamiah besi yang mudah mengalami korosi juga bisa menjadi masalah lain. Dibutuhkan aplikasi anti karat serta pengecatan tahap akhir. Semua hal itu bisa memakan biaya ekstra yang mungkin tidak murah. Apabila Anda tetap mau memakainya untuk penutup atap, maka solusinya mungkin bisa menggabungkannya dengan baja canal C.

Itulah tadi penjelasan mengenai variasi ukuran besi hollow. Dalam memilih material yang baik dibutuhkan pertimbangan yang matang. Jika asal memilih maka belum tentu tepat untuk diaplikasikan di pekerjaan yang sedang dikerjakan.
LihatTutupKomentar