Ukuran Panjang dan Lebar Kolam Renang Sesuai Standar Nasional dan Internasional

Berapa ukuran kolam renang? - Penting sekali untuk bisa mengetahui ukuran kolam renang sesuai dengan standar yang sudah ada. Sebetulnya untuk ukuran dari kolam renang sendiri ada standar nasional dan standar internasional. Tentunya kedua ukuran ini digunakan sesuai standar kompetisi. Memang olahraga renang ini menjadi olahraga yang menyehatkan dan juga menyenangkan sehingga banyak yang menyukai olahraga ini.

Lihat juga tentang: ukuran lapangan badminton

Standar Ukuran Kolam Renang Secara Nasional dan Internasional

Perlu diketahui sebelumnya jika olahraga renang sudah dilombakan di kejuaraan tingkat PON, SEA Games hingga olimpiade. Untuk induk organisasi dari olahraga renang internasional disebut dengan FINA yakni Federation Internationale de Natation. Sedangkan untuk induk dari organisasi olahraga renang kelas nasional yakni PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia.

Anda harus tahu jika ukuran kolam renang dan juga jumlah lintasan kolam renang diatur dari masing-masing induk organisasinya. Tentunya tujuan hal ini adalah agar tidak ada yang dirugikan dalam perlombaan nantinya serta keseragaman dalam aturan. Bagi Anda yang mencari informasi terkait ukuran dari kolam renang, maka berikut ini pemaparannya:

Ukuran Standar Nasional Standar Internasional
Panjang kolam renang 50 meter 50 meter
Lebar kolam renang 25 meter 25 meter
Lebar lintasan kolam renang 2,5 meter 2,5 meter
Jumlah lintasan kolam renang 8 lintasan 8 lintasan
Temperatur kolam renang 25°-28°C 25°-28°C

Ukuran Kolam Renang Berdasarkan Kedalaman

Setelah mengetahui ukuran kolam renang secara standar baik nasional dan internasional, maka tentu ada yang menjadi pertanyaan yakni kedalaman kolam renang. Jika diamati, maka semua ukuran baik panjang, lebar, lebar lintasan, jumlah lintasan sampai pada temperatur kolamnya antara nasional dan internasional adalah sama. Namun, ada yang membedakan keduanya yakni dari segi kedalaman kolam renang yang memiliki aturan tidak sama.

Untuk kedalaman kolam renang sesuai dengan standar nasional yakni dengan minimal kedalaman 2 meter. Sedangkan untuk standar internasional sendiri kedalamannya berbeda. Kedalaman kolam secara minimum untuk standar internasional adalah 1,35 meter, mulai dari 1 meter di lintasan pertama.

Lihat juga tentang: ukuran lapangan takraw

Selanjutnya untuk yang paling sedikit 6 meter yang dihitung dimulai dinding kolam lalu dilengkapi balok start. Kedalaman minimal di bagian lainnya yakni 1 meter. Namun, jika Anda melihatnya kala malam hari dengan pencahayaan yakni 1500 lumen.

Ukuran kolam renang tersebut adalah ukuran yang memenuhi syarat dimana digunakan untuk tempat dan arena olahraga secara resmi. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa ukuran untuk GOR atau tribun kadang berbeda dengan ukuran tersebut.

Sebetulnya untuk ukuran di GOR dan tribun dibuat untuk menyesuaikan desain gedung dan keamanan. Yang tidak dilupakan juga adalah tentunya keselamatan dari para atlet serta pengunjung yang berenang di tempat tersebut.
LihatTutupKomentar