Ukuran Pipa PVC Sesuai Standar JIS

Berapa ukuran pipa PVC? - Ukuran pipa PVC memiliki dua standar yakni standar nasional dan juga standar dari JIS yakni Japanese Industrial Standard. Sebelum membahas informasi terkait ukuran pipa jenis PVC, ada baiknya mengetahui dulu apa itu PVC. PVC sendiri adalah Polyvinyl Chloride yakni pipa yang dibuat dari plastik dengan beberapa kombinasi vinyl lain.

Lihat juga tentang: ukuran standar pas foto

Sifat dari pipa PVC ini tahan lama dan juga tidak mudah rusak. Kelebihan lainnya dari pipa PVC yakni tidak berkarat. Tak heran jika pipa PVC ini kerapkali dipakai dalam sistem irigasi dan pelindung kabel.

Mengenal Standar Ukuran Pipa PVC

Adanya ukuran pipa PVC yang benar tentunya akan menentukan seberapa sukses penentuan instalasi jangka panjang dan aman. Standar ukuran dari pipa PVC yang ada di Indonesia sendiri terbagi menjadi dua, diantaranya:
  1. Pipa PVC yang dipakai untuk PDAM umumnya menggunakan standar Indonesia yakni sesuai dengan Standar Nasional Indonesia atau SNI.
  2. Pipa PVC yang umum dipakai untuk kebutuhan sistem perairan rumah tangga lebih condong menggunakan standar dari Japanese Industrial Standard atau JIS.

Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini beberapa ukuran dari pipa PVC sesuai dengan standar JIS dalam satuan inchi:

PVC Tebal PVC Medium PVC Tipis
AW 1/2" D 1 1/4" C 5/8"
AW 3/4" D 1 1/2" C 1/2"
AW 1" D 2" C 3/4"
AW 1 1/4" D 2 1/2" C 1"
AW 1 1/2" D 3" C 1 1/4"
AW 2" D 4" C 1 1/2"
AW 2 1/2" D 5" C 2"
AW 3" D 6" C 2 1/2"
AW 4" D 8" C 3"
AW 5" D 10" C 4"


Keterangan Pada Pipa PVC

Tentu Anda melihat jika pada tabel ukuran pipa PVC tersebut ada beberapa kode. Setiap angka dan huruf itu mempunyai maknanya masing-masing. Dengan mengetahui makna dari kode tersebut pasti Anda akan lebih mudah memahami dan membaca tabelnya. Berikut ini penjelasannya:
  • AW: merujuk pada pipa yang paling tebal dimana umumnya dipakai untuk perairan dengan tekanan. Contohnya adalah seperti dalam penggunaan pompa.
  • D: ukurannya tidak terlalu tebal yang kerap digunakan untuk tekanan yang tak terlalu besar. Kerapkali pipa PVC ini dipakai untuk buangan.
  • C: ukuran pipa dengan kode C adalah yang paling tipis dimana kerap dipakai pada sistem buangan air dan tidak dapat dipakai untuk tekanan.

Lihat juga tentang: ukuran celana jeans

Itulah penjelasan tentang ukuran pipa PVC yang perlu Anda ketahui. Jadi, dengan mengetahui penjelasan terkait ukuran pipa, maka Anda bisa menentukan sendiri ukuran pipa yang akan Anda beli nantinya. Hal ini lantaran penjual pipa terkadang kurang bisa memberikan rekomendasi pipa dengan tepat pada konsumennya sehingga pengetahuan dasar ini wajib Anda tahu.
LihatTutupKomentar