-->

Konversi Satuan Ukuran Panjang yang Digunakan Secara Universal

Satuan ukuran panjang termasuk kedalam sistem satuan internasional. Turunan maupun bukan turunan dari satuan panjang dapat dikonversikan menjadi satuan panjang yang lain. Satuan panjang yang ditetapkan secara internasional dan digunakan sebagai standar pengukuran panjang di seluruh dunia adalah meter (m). Turunan dari satuan panjang meter ada kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).

Lihat juga: ukuran foto 3x4

satuan ukuran panjang

Tangga Konversi, Urutan dan Fungsinya

Tangga konversi digunakan untuk mengukur satuan turunan dari satuan panjang meter (m). Berguna untuk memudahkan konversi satu satuan panjang ke satuan panjang lainnya dengan sistem yang sederhana dan mudah di aplikasikan. Urutan dari satuan ukuran panjang dimulai dari nilai terendah ke nilai tertinggi adalah milimeter – centimeter – decimeter – meter – dekameter – hektometer – kilometer.

Cara konversi satuan panjang adalah dilihat dari jumlah perpindahannya. Setiap perpindahan satu satuan panjang terkecil ke satuan panjang yang lebih tinggi maka nilai dibagi 10. Sebaliknya untuk setiap perpindahan satu satuan panjang dari terbesar ke satuan panjang yang lebih kecil maka nilai dikali 10.

Selain satuan panjang standar internasional juga digunakan satuan lain untuk mengakumulasikan panjang. Satuan panjang lainnya antara lain kaki, inci, yard, mil yang lebih sering digunakan oleh masyarakat benua Amerika dan Eropa. Satuan jarak yang paling sering mereka gunakan adalah mil atau 1609,344 meter.

Untuk satuan yard (yd) secara standar internasional memiliki nilai yang sama dengan 0,9144 m. Satuan seperti yard, mil, kaki lebih sering digunakan oleh masyarakat benua Amerika dan Eropa karena sudah menjadi kebiasaan dalam perhitungan dan konversi jarak yang mereka gunakan. Sedangkan untuk masyarakat Asia akan cenderung lebih familiar dengan konversi satuan ukuran panjang berupa meter.

Sedangkan untuk inci setiap satu inci sama dengan 2,5 cm. Inci merupakan salah satu satuan ukur dengan sejarah yang cukup panjang dimana kilas baliknya mencapai pada era romawi kuno. Inci dalam kehidupan sehari-hari akan ditemukan dengan simbol tanda (').

Konversi Ukuran Satuan Panjang Internasional

Adapun contoh konversi satuan ukuran panjang internasional yang telah terstandarisasi adalah sebagai berikut:

1 km = 1.000.000 mm
1 km = 100.000 cm
1 km = 1.000 m
1 km = 10 hm
1 m = 0,001 km
1 m = 0,1 dam
1 m = 10 dm
1 m = 100 cm
1 m = 1.000 mm
1609,344 m = 1 mil
0,9144 m = 1 yd
0,025 m = 1 inci

Ukuran diatas berlaku secara universal dan dapat diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari. Sehingga jika tertera suatu spesifikasi produk dengan ukuran satuan panjang standar tidak perlu bingung lagi membayangkan dimensi produk tersebut.

Itulah satuan ukuran panjang beserta konversinya yang telah berlaku secara universal dan merupakan standar baku pengukuran dimensi panjang. Konversi ukuran panjang seperti yang sudah dijelaskan baik turunan satu sama lain maupun bukan tetap bisa dikonversikan dengan satuan panjang lainnya.
LihatTutupKomentar